16 Maret, 2009

Gambar Proses Dari Telur Menjadi Ayam... Subhanallah...
























Pada prinsipnya semua jenis telur mempunyai struktur yang sama, Telur terdiri dari enam bagian yaitu: kerabang telur atau kulit luar (shell), selaput kerabang, putih telur (albumin), kuning telur (yolk), tali kuning telur (chalaza) dan sel benih (germ plasm). Masing-masing bagian memiliki fungsi khas.Kerabang telur berfungsi sebagai pelindung embrio dari gangguan luar yang tidak menguntungkan. Kerabang juga berfungsi melindungi putih telur dan kuning telur agar tidak keluar dan terkontaminasi dari zat-zat yang tidak diinginkan. Kerabang telur memiliki pori-pori sebagai media lalu lintas gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) selama proses penetasan. Oksigen diperlukan embrio untuk proses pernapasan dan perkembangannya.Putih telur merupakan tempat penyimpanan air dan zat makanan di dalam telur yang digunakan untuk pertumbuhan embrio. Kuning telur merupakan bagian telur yang bulat bentuknya, berwarna kuning sampai jingga dan terdapat di tengah-tengah telur. Kuning telur mengandung zat lemak yang penting bagi pertumbuhan embrio. Di dalam kuning telur terdapat sel benih yang menjadi unsur utama embrio unggas. Pada bagian ujung yang tumpul dari telur terdapat rongga udara yang berguna untuk bernapas bagi embrio selama periode penetasan, yang berlangsung rata-rata 20-22 hari.

Rahasia Penciptaan Telur

Tak dipungkiri telur merupakan sebuah keajaiban besar di alam yang mengandung zat gizi sempurna untuk kehidupan embrio ternak unggas. Meskipun begitu, untuk dapat menghasilkan bakal anak, telur harus mendapatkan lingkungan yang nyaman (comfort zone) supaya embrio yang ada di dalamnya dapat berkembang dengan baik dan menetas pada waktunya. Biasanya sang induk akan mengerami telur secara alami atau bisa juga menggunakan mesin tetas. Sebelumnya, sang induk harus menyediakan sejumlah 'makanan' yang cukup di dalam telur untuk perkembangan embrio mulai dari awal peneloran sampai embrio bertumbuh menjadi seekor anak ayam dan menetas.Uniknya, perkembangan embrio unggas terjadi di luar tubuh induknya. Dengan kata lain, sejak telur terpisah dari induknya, embrio akan berkembang dengan memanfaatkan zat putih telur dan kuning telur yang ada di dalam telur.


Subhanallah, inilah kebesaran Allah yang diperlihatkan dalam sebutir telur. Bandingkan dengan embrio manusia yang terus menerus menerima suplai makanan dari ibunya di dalam rahim, normalnya selama 9 bulan 10 hari. Sedikit saja supiai makanan terganggu, maka pertumbuhan janin juga akan terganggu, dan tidak jarang berdampak fatal bagi sang janin. Begitu berhasil memecahkan kerabang, anak ayam akan bercuap-cuap untuk pertama kalinya. Inilah tasbih-nya anak ayam. Bukankah semua makhluk yang ada di muka bumi bertasbih mensucikan nama Allah. Firman Allah, "Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepadaNya bertasbih apa yang ada di langit dan di bumi dan burung (pun bertasbih) dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) berdoa dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan." (QS An Nur [24] ; 41).

Ya Allah, sungguh dalam sebutir telur ayam yang kecil mungil terserak pelajaran penting yang bila diamati seyogianya akan membuat kita bertafakkur dan takjub akan kemahabesaran Allah Maha Pencipta. Wallahu a'lam.

*sumber tulisan

14 komentar:

  1. Subhanallah...takjub liat foto2nya...
    Sama juga dengan penciptaan manusia, mulai dari embrio sampai jadi bayi... *amazing!!!

    Terima kasih infonya Yat ^^

    BalasHapus
  2. makanya Q, kalo yg proses penciptaan manusia dari embrio jadi bayi, sy sudah pernah liat, tp yg proses telur jd anak ayam baru liat lewat foto2 itu....

    BalasHapus
  3. wah.,. gambarnya indah sekali

    BalasHapus
  4. suatu hall yang hanya alloh saja yang bisa mengerjakan semua itu,

    BalasHapus
  5. sukronnya, foto-fotonya membantu saya memberi penjelasan kepada para siswa dalam memberikan materi, sehingga mereka dapat bersyukur atas nikmat Allah.

    BalasHapus
  6. ^^ terima kasih atas kunjungannya... mudah2an brmanfaat...

    BalasHapus
  7. shubhanallah. bener2 suatu kebesaran Allah yg luar biasa.

    BalasHapus
  8. wah subhanallah,,,
    thank atas ifnfonya

    http://www.usahaweb.com/40707.html

    http://cintapulsa.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Mas, mau nanya nih....
    Telur sama ayam duluan mana adanya....?



    (Djoko/ID myquran: mbah sumatra)

    BalasHapus
  10. @ mas Djoko
    hehe... Ya duluan induk ayam terus bertelur, terus dari telur jadi anak ayam... Ga akan ada telur kalo ga ada ayam yang kawin... huehehe..

    Makasih dah berkunjung balik... Blog ini dah lama ga diupdate lg e... B)

    BalasHapus
  11. kenapa dia bisa terus tumbuh ya? itu kn kayanya ga langsung dari induknya berkembangnya?dapet suplai makanan dari mana ya?

    BalasHapus
  12. Tlong penjelasannya pada setiap foto

    BalasHapus
  13. Takjub Subhanalloh... terima kasih gambarnya saya jadikan referensi

    BalasHapus